Harry Houdini

Harry Houdini (Budapest, Hongaria, 24 Maret 1874–Detroit, 31 Oktober 1926) adalah seorang pesulap terkemuka asal Amerika Serikat. Pesulap dengan nama asli Enrich Weiss ini paling dikenal melalui trik-trik meloloskan dirinya, antara lain melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal: trik Chinese water torture, di mana Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air.

Houdini mulai menjadi pesulap pada tahun 1891. Awalnya ia hanya berkutat pada sulap-sulap kartu, namun kariernya menanjak sejak memfokuskan diri pada aksi-aksi meloloskan diri. Pertunjukan terakhir Houdini berlangsung pada 24 Oktober 1926. Sehari kemudian ia masuk rumah sakit dan meninggal dunia akibat peritonitis di bagian umbai cacing pada 31 Oktober 1926.

Harry Houdini lahir sebagai Erik Weisz (ia kemudian mengeja nama kelahirannya sebagai Ehrich Weiss) di Budapest, Hungaria, pada 24 Maret 1874 [1] Sejak 1907 di Namun, Houdini akan mengklaim dalam wawancara telah lahir di Appleton., Wisconsin, pada tanggal 6 April 1874.

Orangtuanya Rabbi Mayer Samuel Weiss (1829-1892) dan istrinya, Cecep (née Steiner; 1841-1913). Houdini adalah salah satu dari tujuh anak: M. Herman (1863-1885); Nathan J. (1870-1927); Gottfried William (1872-1925); Theodore “Theo” (1876-1945); [2] Leopold D. ( 1879-1962), dan Gladys Carrie (lahir tahun 1882-tidak diketahui kematian).

Weiss datang ke Amerika Serikat pada tanggal 3 Juli 1878, berlayar di Fresia SS dengan ibunya (yang sedang hamil) dan empat saudara [3] Keluarga berubah. Ejaan Hungaria nama Jerman mereka ke Weiss (ejaan Jerman) dan ejaan nama anak mereka ke dalam Ehrich. Teman-teman memanggilnya “Ehrie” atau “Harry”.

Mereka pertama kali tinggal di Appleton, Wisconsin, di mana ayahnya menjabat sebagai Rabbi dari Kongregasi Yahudi Reformasi Sion. Menurut sensus tahun 1880, keluarga tinggal di Appleton Street. [4] Pada tanggal 6 Juni 1882, Rabi Weiss menjadi warga negara Amerika. Kehilangan masa jabatannya di Sion pada tahun 1887, Rabi Weiss pindah dengan Ehrich ke New York City. Mereka tinggal di sebuah rumah kos di East 79 Street. Mereka bergabung dengan anggota keluarga sekali Rabi Weiss ditemukan rumah permanen. Sebagai seorang anak, Ehrich Weiss mengambil beberapa pekerjaan, selanjutnya menjadi juara pelari lintas negara. Dia membuat debut publik sebagai pemain trapeze 9 tahun, menyebut dirinya “Ehrich, Pangeran Air”. Weiss menjadi pesulap profesional dan mulai menyebut dirinya “Harry Houdini” karena ia sangat dipengaruhi oleh pesulap Perancis Jean Eugène Robert-Houdin, dan temannya Jack Hayman mengatakan kepadanya, keliru, bahwa di Perancis, menambahkan “i” untuk Houdin akan berarti “seperti Houdin” penyihir besar. Dalam kehidupan selanjutnya, Houdini akan mengklaim bahwa bagian pertama dari nama barunya, Harry, adalah penghormatan kepada Harry Kellar, yang Houdini dikagumi.

Pada tahun 1918 ia terdaftar untuk layanan selektif sebagai Harry Houdini Borgol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s